Bahaya Game dapat membuat otak tumpul


.
.
LONDON--Benarkah bermain game online membuat otak lebih cerdas? Nanti dulu! Studi terbaru menunjukkan, game online yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan kognitif tidak membuat pemakainya lebih pintar.

Para peneliti merekrut peserta dari pemirsa acara sains BBC,
Bang Goes the Theory. Lebih dari 8.600 orang berusia 18 sampai 60 diminta untuk memainkan permainan asah otak online yang dirancang oleh para peneliti untuk meningkatkan memori mereka, pemikiran, dan keterampilan lainnya selama setidaknya 10 menit sehari, tiga kali seminggu.

Mereka dibandingkan dengan lebih dari 2.700 orang yang tidak memainkan permainan otak, tetapi menghabiskan jumlah waktu yang sama untuk
surfing internet dan menjawab pertanyaan pengetahuan umum. Semua peserta diberi semacam tes IQ sebelum dan sesudah percobaan.

Para peneliti mengatakan mereka yang memainkan game asah otak tidak menunjukkan peningkatan apapun dalam tes kecerdasan yang dilakukan.  Sebaliknya, mereka yang berselancar di dunia maya menunjukkan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

Hasil penelitian yang sepenuhnya didanai
BBC ini dimuat di jurnal ilmiah Nature.

"Jika Anda (bermain game-game ini) karena mereka menyenangkan, itu boleh-boleh saja," ujar Adrian Owen, asisten direktur unit Cognitive and Brain Sciences di Medical Research Council Inggris yang merupakan peneliti utama studi tersebut. "Tapi jika Anda mengharapkan (game-game ini) untuk meningkatkan IQ Anda, data kami menunjukkan hal ini tidak akan terjadi," kata dia saat konferensi pers pada hari Selasa.

Namun Art Kramer, profesor psikologi dan ilmu saraf di University of Illinois menyangsikan kesahihan penelitian ini. Ia keberatan dengan metodologi penelitian BBC dan mengatakan beberapa permainan asah otak memiliki efek kecil dalam meningkatkan keterampilan kognitif masyarakat. "Belajar adalah sangat spesifik," katanya. "Kecuali komponen otak Anda dilatih dalam arti sebenarnya di dunia nyata."

Alih-alih bermain permainan otak, Kramer mengatakan orang akan lebih baik mendapatkan beberapa latihan. Dia mengatakan aktivitas fisik dapat memicu koneksi baru antara neuron dan menghasilkan sel-sel otak baru. "Kebugaran struktur otak, itu manfaat lain game," katanya.

Menurut Kramer,
game asah otak bekerja lebih baik daripada jenis game lain. Dia mengatakan beberapa permainan yang dibuat telah menunjukkan manfaat yang sederhana, termasuk meningkat kapasitas memori pada orang tua.



0 Komentar untuk "Bahaya Game dapat membuat otak tumpul"

 
Copyright © 2014 Damai7 - All Rights Reserved
Template By. Konsen Fokus