MAKALAH Pengaruh Keberadaan Warung Kopi Terhadap Prilaku Masyarakat Kampung Juani Tahun 2010-2012

BAB 1
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Di setiap usaha itu didirikan dengan sebuah harapan kelak di kemudian hari akan mengalami perkembangan dan peningkatan harapan yang di masa mendatang merupakan salah satu dasar untuk mengambil dasar tindakan atau kebijaksanaan di anggap perlu di saat sekarang karna sebuah warung kopi ini sebagai tempat tong krongan bapak-bapak yang lagi santai-santai duduk-duduk dalam perusahaan warung kopi ini meliputi membeli kopi, pengolahan secangkir kopi.
Oleh karna itu penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian skripsi berjudul.
Prilaku masyarakat kampong juani terhadap warung kopi

B. Identifikasi Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah, maka yang menjadi Identifikasi Masalah sebagai berikut.
1.   Apakah ada Manfaat dari Warung kopi ini
2.   Apakah ada kekurangan dan kelebihan dari Warung Kopi


C.  Perumusan Masalah
Sejalan dengan latar belakang Masalah dan Identifikasi masalah maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut.
1.    Apakah ada dampak dari adanya Warung kopi terhadap masyarakat sekitar?
2.    Apa efek negative dan positif dari minuman kopi?
3.    Bagaimana perilaku masyarakat terhadap adanya warung kopi?
4.    Apakah adanya warung kopi menyebabkan pengangguran ?
5.    Adakah manfaat yg didapat masyarakat atau dibukanya warung kopi tersebut.
D.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan Pembatasan dan rumusan masalah menjadi tujuan penelitian ini
1.    Untuk mengetahui perilaku masyarakat kampong juani
2.    Untuk mengetahui manfaat dari adanya warung kopi
3.    Supaya siswa agak teliti terhadap suatu penelitian
4.    Supaya mendapat Informasi tentang warung kopi

E.   Manfaat Penelitian
Penelitian ini diberikan sebuah manfaat sebagai berikut
1.    Menambah ilmu dan pengetahuan penulis dalam penelitian Ilmiah tentang perilaku masyarakat dalam warung kopi
2.    Hasil penelitian ini untuk pembacaan umum
3.    Menumbuhkan rasa keingin tahuan pelajar
4.    Untuk lebih teliti dalam sebuah penelitian
5.    Untuk menciptakan sebuah penelitian


BAB II
LANDASAN TEORI

A. Tinjauan Pustaka
1. Pengertian
Dalam setiap usaha pengaruh itu merupakan suatu kondisi dimana orang dalam kondisi dikuasai sesuatu pengaruh biasa memberikan manfaat atau akibat pada suatu objek.
        Keberadaan merupakan seorang yang dimana dia berada, warung kopi adalah suatu tempat tongkrongan bapak-bapak untuk minum kopi the manis, dll.
        Perilaku masyarakat adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki manusia dan dipengaruhi oleh adat ,sikap, emosi nilai dan etika seseorang , perilaku seseorang ini dikelompokan menjadi perilaku wajar, perilaku dapat dikelompokan perilaku aneh dan perilaku menyimpang.
Dalam sosiologi perilaku dianggap sebagai suatu yang tidak diajukan kepada orang lain dan oleh karenanya merupakan suatu tindakan social manusia yang sangat mendasar , perilaku tidak boleh disalah artikan sebagai perilaku sosial, yang merupakan suatu tindakan dengan tingkat tinggi, karena prilaku sosial adalah perilaku yang secara khusus di tunjukan kepada orang lain.

BAB III
Metodelogi Penelitian

A.       Tempat Penelitian
Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di kampung juani

B.                            Waktu Penelitian
 Waktu penelitian pada tahun 2012

C. Sumber Data
Sumber data ini adalah sumber data primer full partisipasi karena saya terjun langsung dalam sebuah penelitian ini

D.                         Teknik Samping (cuplikan)
1.   Variabel penelitian
        Menjadi variable penelitian ini menggunakan dua macam Variabel
a.          Variabel bebas
        Variabel bebasnya ialah “Pengeruh keberadaan warung kopi”




b.                           Variabel terikat
        Variabel terikatnya ialah “Terhadap perilaku masyarakat”

2.   Populasi penelitian.
Populasi penelitian ini dari semua masyarakat kampung juani tahun jolo-jola sebanyak 550 penduduk dan memiliki 2 warung kopi

3.   Sampel Penelitian
Sampel penelitian ini sebanyak 2% dari 550 penduduk adalah 11 %

Sampel kelompok
-Lorong 1. 2 orang -> Lk,Pr
-Lorong 2. 2 orang -> Lk,Pr
-Lorong 3. 3 orang -> Lk,Pr,Lk
-Lorong 4. 2 orang -> Lk,Pr
-Lorong 5. 2 orang -> Pr,Lk



BAB IV
HASIL Penelitian Dan Pembahasan
Dampak dari sebuah warung kopi ini dalam kondisi mengantuk, kopi sangat berguna untuk menjaga agar mata tetap terbuka. Namun jika mengosumsi kopi dengan porsi banyak, dapat Kerusan Mata dan kalau dibiarkan bisa menyebabkan kebutaan permanen disebabkan kandungan kofein dalam kopi :
        Kerusakan yang terjadi akibat terlalu banyak meminum kopi berkafein tersebut adalah glaucoma yaitu salah Satu gangguan yang tercatat sebagai penyebab terbanyak kasus glokoma sekunder di seluruh dunia. Adanya peningkatan tekanan bola mata bisa menyebabkan kebutaan klo dibiarkan terus menerus tanpa mendapatkan penanganan. Tekanan tersebut bisa  meningkat cukup tinggi, hingga cukup untuk merusak saraf optic yang ada di mata dan sekitar. Hasil beberapa penelitian pengaruh kadar kafein dalam kopi terhadap kesehatan juga menunjukkan hasil bahwa banyak mengosumsi kopi kafein maka peningkatan resiko exflotain glukoma Juga meningkatkan kopi lebihdari 5 cangkir / hari lebih banyak memberikan efek negative dari pada positif.
        Adapun efek negative dan positif dari adnya warong kopi yaitu kalau adanya efek  positifnya yaitu bisa menangani orang – orang yang begadang supaya tetap terbuka matanya dan kalau efek negative banyak seperti bisa membuat mata menjadi buta dan sebgainya.
        Prilaku anda mulai mulai dari pagi hingga malam hari selalu meluangkan waktu disini, selain ngopi, berbagai macam aktifitas yang mereka lakukan seperti membaca Koran, bermain catur, menyinggung beberapa hal yang berkaitan tentang anak muda dan prilakunya maka pada masa muda seorang pegulat dengan masalah makna, gaya hidup dan hubungan dengan orang lain.
        Dalam masa yang penuh perubahan inlah anak – anak muda mempunyai waktu luang kewarong kopi.  Dan Prilaku mereka yaitu seperti orang – orang diluar juga,mereka bercerita – bercerita, desas – desus dan lain – lain.
        Adanya pun warong kopi ini menyebabkan pengangguran karena ada iya nya dan tidaknya. Kalau tidaknya mungkin bapak – bapak inimungkin tidak pengangguran karena bapak – bapak ini mempunyai usaha sendiri seperti membuka kedai sampah, membuka warnet, dan sebagainya. Jadi kalo menyebabkan pengangguran sih tidak, bapak – bapak yang duduk diwarong kopi ini orang  kaya semua. Mereka mempunyai usaha – usaha persendiri, setiap manusia didalam masyarakat sepertinya tidak dapat melepas diri dari identitas.
        Warong kopi ini sebenarnya tempat untuk meluangkan waktu yang di rumah tidak ada pekerjaan, semua pekerjaan dikerjakan oleh bawahan mereka. Jadi  mereka tidak pernah bosan duduk diwarong kopi ini. Manfaat dari adanya warong kopi ini banyak sekali seperti orang  - pada saat menonton bola.
        Jadi kopi disini memberikan manfaat bagi kesehatan lebih besar dari pada mengosumsi buah – buahan dan sayuran, demikian menurut penelitian oleh pakar Amerika Serikat. Dikatakan jumlah kandungan anti oksida pada lebih dari 100 jenis makanan termasuk sayur – sayuran , kacang dan minuman.
Hasil penelitian termasud kemudian dikosumsi dengan data  yang ada didepartemen  pertanian amerika serikat dan sumbangan dari setiap jenis bagi pola makan rata – rata  di AS.
Ada 7 manfaat dari adanya warong kopi bagi manusia.
        Minum kopi  dapat menjadi ritual tak terpisahkan dari keseharian sebagian orang. Altivitas minum kopi sendiri telah berkembang luas menembus berbagai segmen kalangan bahkan menjadi bagian dari gaya hidup. Di Indonesia  sendiri kebebasan minum kopi , dapat dikatakan telah lama menjadi budaya , buktinya dapat dilihat dari menjamurnya tempat yang menyediakan kopi dalam daftar menunya, dari warong kopi tingkaat tradisional sampai tingkat premium.
Walaupun masih ada stigma yang beredar di masyarakat mengenal efek negative dari  kopi, namun jika anda termasuk penikmat kopi, anda boleh bernafas lega, bnyak penelitian juga telah menemukan bukti mengenai besarnya manfaat kopi bagi tubuh.
Berikut beberapa diantaranya.
        Kosumsi dapat meningkatkan konsentrasi .
Kopi identic dengan kafein . penelitian para ahli telah membuktikan peranan kafein dalam memacu  tekanan darah dan denyut jantung. Selama di kosemsi tidak berlebihan. Kafein dapat membentuk kombinasi antara tekanan darah dan denyut jantung yang dapat membantu melancarkan peredaran darah ke otak, sehingga memicu tingkat kelelahan dan konsentrasi  kita, idealnya, konsumsi kopi sebanyak 3 gelas sehari adalah batas wajar agar tubuh anda tidak kelebihan asupan kafein, tingkat konsentrasi tinggi banyak diperlukan dalam menutut penelitian dan kepekaan terhadap detail. Bisa jadi inilah sebabnya mengapa kopi, cenderung familiar dengan atau bebrapa profesi, seperti editor, peneliti program dan arsitek.
        Kopi dapat berperan dalam mencegah dan menangani resiko diabetes.
Pengolahan resiko diabetes terkait erat dengan cara menjaga kadar gula dalam darah. Kopi telah diketahui mengandung kloroganik yang berperan untuk membantu memperlancar proses perencanaan karbohidrat dan lemak, sehingga mengurangi resiko terjadinya lonjakan gula darah secara tiba – tiba yang dapat berakibat fatal bagi penderita diabetes.
Untuk memperoleh manfaat maksimal, konsumsilah kopi minum 1 cangkir sehari dengan tidak menggunakan gula berlebihan.
        Meminum kopi dapat mengurangi potensi stress dan depresi.
Salah satu alasan banyak orang meminum kopi adalah efek menenangkan mereka. Fakta ini lagi – lagi berhubungan dengan peran kafein terhadap kinerja jantung dan otak, secara ilmiah, stress akan timbul akabit kadar hormon kortisol yang berlebihan dalam tubuh. Setelah satu penyebab peningkatnya produksi hormone kortisol adalah kelelahannya system keseimbangan tubuh, yang diantara lain desebabkan oleh kelelahan dan gaya hidup kurang sehat.

BAB V
Penutup
Kesimpulan dan Saran

A.  Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan Pembahasan dari penelitian maka penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
1.     Warung kopi sangat digemari oleh bapak-bapak kampong juani
2.     Mereka semua duduk disinikarena dirumah mereka tidak ada kerjaan
3.     kopi sangat berguna untuk saat ngatuk pada malam hari supaya mata tetap terbuka
4.     Warung kopi ini sebenarnya tempat meluangkan waktu yang di rumah tidak ada kerjaan.
5.     jadi kopi disini memberikan manfaat bagi kesehatan lebih besar dari pada mengkonsumsi buah-buah dan sayur – sayur

B.  Saran
Dari penulis menarik kesimpulan adapun sedikit saran dari penulis
1.     janganlah terlalu banyak mengkonsumsi kopi karena bias merusak mata dan berakibat buta.
2.     walapun kopi ada sisi negatifnya kopi juga berbahaya bagi kesehatan mata




Lampiran
1.    Daftar Responder
1.    Aan
2.    Erna
3.    Pak Agus
4.    Aliong
5.    Achuan
6.    Eluanni
7.    Akuang
8.    Lili
9.    Asin
10.           Ayu
11.           Ida

2.    Daftar Pedoman Wawancara
1.    Bagaimanakah menurut anda tentang warung kopi yang ada di kampung juani ini.......
2.    Adakah manfaat dari warung kopi ini .......
3.    Menurut anda apa baik mengkonsumsi kopi setiap hari.....
4.    Berapa kali anda minum kopi sehari....
5.    Pernahkah anda ke warung kopi.....
6.    Apakah anda tidak bosan duduk saja di sini....
7.    Apa anda tidak ada kerjaan selain duduk di warung kopi....
8.    Selain duduk di warung kopi apa anda ada duduk di warung lain .....
9.    Apa anda merasa puas dengan orang yang melayani di warung kopi
10.           Apakah adanya warung kopi ini menyebabkan pengangguran.......








3. HASIL OBSERPASI/PENGAMATAN

1. Menurut pengamatan saya warung kopi ini tempat tongkrongan orang-orang.
2. warung kopi ini tempat orang-orang berbagi cerita.
3. Walaupun kopi itu disukai oleh kaum laki-laki tetapi kopi juga tidak baik di konsumsi setiap hari.
4. Kopi itu juga bisa membuat mengurangi rasa ngantuk orang-orang dii sini juga selalu minum kopi pada saat malam hari
5. Kopi itu dapat berperan mencegah dan menangani resiko diabetes kopi.
6. Kopi berperan dalam meningkatkan daya tubuh terhadap potensi kanker.
7. Konsumsi kopi teratur dapat mencegah potensi stres dan depresi.
8. Kopi dapat membantu memelihara fungsi otak dan mencegah pikun.
9. Kopi berperan dalam menjaga kesehatan kulit.
10. Kopi berperan dalam mencegah dan menentukan sirosis pada hati.








4. ANGKET

1.      Apakah anda pernah duduk di warung kopi
a.      Ya   
b.      Tidak
2.      Apakah anda senang dibukanya warung kopi
a.      Ya
b.      Tidak
3.      Seandainya warung kopi dikampung juani di tutup apa anda merasa kecewa
a.      Ya
b.      Tidak
4.      Adanya warung kopi bisa menyebabkan pengangguran
a.      Ya
b.      Tidak
5.      Apa tidak ada kegiatan lain selain duduk di warung kopi
a.      Ya
b.      Tidak
6.      Tidak bosankah anda duduk di warung kopi
a.      Ya
b.      Tidak
7.      Ada manfaat tidak dari adanya warung kopi
a.      Ya
b.      Tidak
8.      Apa warung kopi ini tempat hiburan
a.      Ya
b.      Tidak
9.      Ada efek positif tidak dari warung kopi ini
a.      Ya
b.      Tidak
    10. Sehat tidak setiap hari mengkonsumsi minuman kopi
            a. ya
            b. tidak
11. adakah efek negatif dari warung kopi ini
a.ya
b. tidak
12. Menurut anda ada dampak tidak dari warung kopi
a. ya
b. tidak
13. jika anda tidak pergi ke warung kopi apa anda merasa rugi
a. ya
b. tidak
14. Bersih tidak warung kopi di kampung juani ini
a. ya
b. tidak
15. Apa anda tidak ada kerjaan lain selain duduk di warung kopi ini
a. ya
b. tidak


2 Komentar untuk "MAKALAH Pengaruh Keberadaan Warung Kopi Terhadap Prilaku Masyarakat Kampung Juani Tahun 2010-2012"

Wah, materinya ilmiah sekali, sangat membantu.

Rokok nya sebaiknya dihindari. Kalau kopi biar bagus untuk kesehatan cobain kopi KGC aja. kopi penambah stamina ini wajib dicoba bagi yang memiliki sgudang aktifitas

 
Copyright © 2014 Damai7 - All Rights Reserved
Template By. Konsen Fokus